21
Kam, Nov
1 New Articles

Rakor Di PTA Palembang, Ketua PA Sekayu Presentasi Evaluasi Kinerja Th. 2018

Berita Utama
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

PA-SEKAYU.GO.ID – Jum’at (15/2/2019) bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Palembang dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) bagi Pengadilan Agama (PA) sewilayah PTA Palembang. PA Sekayu hadir dalam rakor tersebut.

Tujuan utama rakoor tersebut adalah untuk evaluasi dan saling berbagi informasi antara PA sewilayah PTA Palembang, terutama menyangkut capaian kinerja dan inovasi inovasi yang dilaksanakan di PA masing-masing, guna kelancaran tugas pokok dan fungsi.

Berdasarkan sambutannya, Panitera PTA Palembang, Drs. H. Pahri Hamidi, S.H., mengatakan, bahwa tujuan utama rakor kita ini adalah untuk penyatuan visi dengan cara saling berbagi pengetahuan dan berbagi inovasi guna kemajuan PTA Palembang. Jika ada PA yang mempunyai inovasi, maka bisa di share dengan PA lain, supaya PA lain bisa sejajar juga.

Baca Juga : Tim Reformasi Birokrasi Pengadilan Agama Sekayu Gelar Rapat Terbatas

Sedangkan dalam hasil reviu, Ketua PTA Palembang, Drs. H. Endang Ali Ma'sum, S.H., M.H., dalam sambutannya menyatakan, bahwa rakor ini diselengarakan dalam rangka menjaga semangat kebersamaan antara PTA dengan PA PA sewilayah PTA Palembang dalam rangka penyamaan visi dan misi dengan para Ketua se PTA Palembang.

“Kita ini hidup di zaman peradilan modern, semua serba cepat, transparant, dan canggih. Sehingga dalam melaksanakannya kita pun harus semakin canggih, tidak bisa lagi berjalan, tapi berlari, supaya tidak terlindas oleh zaman,” demikian kata Ketua PTA Palembang dalam sambutannya.

Selanjutnya, dalam kesempatan ini Ketua PA Sekayu, Saifullah Anshari, S.Ag., M.Ag., dalam presentasinya menyampaikan beberapa progres kemajuan yang ada di PA Sekayu. Diantaranya, Pertama ia menyampaikan perkembangan pelaksanaan Zona Integritas (ZI) yang sudah dimulai sejak 2 Januari 2019, lalu, yang saat ini tinggal melaksanakan tahap pencanangan pembangunan ZI bersama instansi terkait.

Kedua ia menyampaikan mengenai pelaksanaan SIPP yang ada di PA Sekayu yang telah berjalan secara efektif. Hal ini sehubungan dengan digantinya Operating System CentOS pada server PA Sekayu.

Ia membeberkan, sejak digantinya server PA Sekayu dengan OS tersebut, publikasi putusan dalam Direktori Putusan Mahkamah Agung semakin cepat. “dalam waktu seminggu PA Sekayu dapat meningkatkan jumlah upload putusan tahun 2016 s/d 2018 mencapai 80%. Sedangkan tahun 2019 sudah mencapai 100%, yaitu 70 putusan yang terpublikasi pada direktori putusan dari sebanyak 70 perkara putus. Sejak itu juga, PA Sekayu sudah mulai menerapkan program one day minute dan one day publish dengan didukung oleh beberapa aplikasi pendukung SIPP” kata Ketua PA Sekayu saat menunjukan daftar upload putusan tahun 2019 di slide presentasi.

Masih dalam lingkup pelaksanaan SIPP, Ketua PA Sekayu juga memaparkan tentang progres pelaksanaan e-Court. Sampai dengan dilaksanakan rakor ini, ia mengatakan PA Sekayu telah menerima sebanyak 31 Perkara yang didaftar melalui e-Court, yang semuanya telah teregistrasi dalam SIPP PA Sekayu, dan beberapa perkara diantaranya dalam proses persidangan.

Keberhasilan PA Sekayu dalam mempelopori pelaksanaan e-Court di wilayah PTA Palembang tidak terlepas dari kerjasama yang baik dari setiap stakeholder. Bagaimana e-Court bisa berjalan dengan efektif di PA Sekayu?, tentu saja hal ini harus ditunjang dengan pengetahuan dari para advokat sebagai pengguna utamanya. Tidak mungkin e-Court dapat terlaksana tanpa partisipasi dari para advokat tersebut. Atas dasar analisa inilah PA Sekayu melakukan pembimbingan kepada para advokat diwilayah hukum Musi Banyuasin untuk pengenalan dan penggunaan e-Court.

Tidak hanya kepada advokat, bimbingan penggunaan e-Court juga dilakukan kepada SDM di lingkungan PA Sekayu, agar pendaftaran perkara melalui e-Court tidak terkendala dan dapat ditindaklanjuti ke proses lebih lanjut.

Ketiga, dalam presentasi tersebut Ketua PA Sekayu menyampaikan beberapa inovasi inovasi yang dilaksanakan tahun 2018 hingga 2019 di PA Sekayu. Keempat, disampaikan juga mengenai penyelesaian perkara tahun 2018 pada PA Sekayu yang mencapai sebesar 96,77%. Kelima, mengenai realisasi penyerapan anggaran DIPA 01 tahun anggaran 2018 sebesar 99,87% dan DIPA 04 tahun anggaran 2018 sebesar 98,05%.

Keenam, disampaikan juga perihal pengawasan dan evaluasi kinerja tahun 2018 yang dilakukan oleh hakim pengawas bidang PA Sekayu maupun hakim tinggi pembinaan dan pengawas daerah PTA Palembang. Ketujuh, Penilaian mandiri pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) sebesar 80,62%. Kedelapan, tentang rencana kinerja tahun 2019 yang akan segera dilaksanakan.

Kesembilan, adalah penyampaian tentang Laporan Kinerja Instansi pemerintah (LKjIP), yang telah diselesaikan sesuai batas waktunya dan telah dikirimkan ke PTA Palembang, dengan capaian kinerja sebesar 105,90%.

| Humas Pengadilan Agama Sekayu