06
Jum, Des
0 New Articles

Pelepasan & Penyerahan Kembali Peserta KKL ke Kampus UIN Raden Fatah Palembang

Berita Utama
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

PA-SEKAYU.GO.IDJum’at, 28 Juni 2019, merupakan hari terakhir bagi para mahasiswa peserta Kuliah Kerja Lapangan dari Fakultas Hukum dan Syari’ah UIN Raden Fatah Palembang dalam menimba ilmu di Pengadilan Agama Sekayu. Banyak hal yang baru didapatinya ketika terjun langsung ke dalam dunia kerja di peradilan yang belum atau tidak ditemukan oleh mereka di bangku kuliah. Setidaknya itulah sedikit gambaran dari hasil perbincangan dengan mereka setelah selama 2 minggu mereka ikut “bekerja” bahkan sampai harus lembur sampai hampir tengah malam.

Dan, pada hari itulah Ketua Pengadilan Agama Sekayu, Saifullah Anshari, S.Ag., M.Ag. melepas dan menyerahkan mereka kembali kepada Fakultas Hukum dan Syari’ah UIN Raden Fatah Palembang. Didampingi unsur pimpinan dan hakim, setelah penyerahan hasil penilaian peserta KKL dari Pengadilan Agama Sekayu kepada Dosen Pembimbing Lapangan, Armasito, S.Ag., M.H., Ketua PA Sekayu dalam sambutan dan pembinaannya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan UIN Raden Fatah Palembang yang menempatkan mahasiswa-mahasiswanya untuk menimba ilmu di Pengadilan Agama Sekayu.

Baca juga: PA Sekayu Menerima Mahasiswa Peserta Kuliah Kerja Lapangan dari UIN Raden Fatah Palembang

Selain itu, beliau juga melaporkan kepada Dosen Pembimbing Lapangan, “Adik-adik KKL itu, punya etika dan attitude yang baik, sehingga tingkah laku dan cara bertuturnya menyenangkan. Mereka juga baik dalam ikut serta melayani masyarakat. Terlebih dari itu mereka bisa membangun kerjasama  dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan kepada mereka. Sementara dari PA Sekayu sendiri, Insya Allah, selama dua minggu ini, rasanya sudah maksimal membimbing adik-adik KKL ini, mulai dari penyajian materi yang cukup penting, seperi e-court, hingga pengarahan praktik sidang, yang dibuat semirip mungkin dengan keadaan ketika persidangan sebenarnya, lengkap dengan pakaian dan asesorisnya.”ujar Ketua PA Sekayu.

Ketua PA Sekayu menyampaikan nasihat dan pembinaannya

“Selanjutnya apa yang didapat di PA Sekayu ini nantinya tinggal dikembangkan sendiri dan diperdalam lebih jauh, oleh karena itu, kami minta maaf kaLau masih ada materi atau praktik yang terlupakan, semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan menjadi ilmu yang barokah, dan ada yang akan menjadi pejabat-pejabat di Pengadilan Agama ataupun instansi-instansi di bawah Mahkamah Agung”, pungkas pak Ketua.

Baca juga: Dan Mahasiswa KKL pun diperkenalkan dengan Sistem E-Court

 

Perwakilan Peserta KKL ketika menyampaikan kesan-kesan

Selanjutnya, bu Armasito, S.Ag., M.H., Dosen Pembimbing Lapangan yang mewakili unsur dekanat FSH UIN Raden Fatah Palembang, bersyukur anak-anaknya diterima dan diajari dengan baik selama masa KKL di Pengadilan Agama Sekayu, hal itu diketahuinya dari cerita para peserta yang merasa excited dengan lingkungan kerja di sini. Bu Sito, juga menyampaikan salam dan permohonan maaf karena baik dekan maupun wakil dekan tidak dapat menjemput para peserta KKL, meskipun demikian terima kasih sebesar-besarnya disampaikan kepada seluruh jajaran di Pengadilan Agama Sekayu. Bu Dosen Pembimbing ini melanjutkan, bahwa sebagaimana disampaikan pada saat penyerahan, para mahasiswa ini akan melanjutkan kegiatan KKL mereka di ibukota diantaranya dengan kunjungan ke Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial, KPK. Meskipun hal itu sifatnya mandiri, dari, oleh dan untuk mahasiswa sendiri, di mana dekanat hanya sekadar menfasilitasi dan mendampingi.

Penyerahan kenang-kenangan kepada PA Sekayu dari civitas akademika UIN Raden Fatah Palembang

Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Raden Fatah juga membawa oleh-oleh untuk Pengadilan Agama Sekayu, sebagai rasa terima kasih, dalam bentuk plakat cantik yang dibalut dengan kain songket khas Palembang.

Selamat berjuang kembali di bangku kuliah, semoga selalu sukses dan ilmunya berkah.

 

(Humas PA Sekayu)