14
Sen, Okt
1 New Articles

PA Sekayu Sukses Gelar Sidang Itsbat Terpadu bersama Kemenag dan Dukcapil

Berita Utama
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

PA-SEKAYU.GO.ID – Kamis (15/08/2019) pagi itu, di aula kantor Kecamatan Lawang Wetan, setelah di rencanakan dan dipersiapkan sedemikian rupa, akhirnya, PA Sekayu bersama Kemenang Musi Banyuasin dan Dukcapil Musi Banyuasin, berhasil melaksanakan sidang perdana itsbat terpadu. Hadir dalam kegiatan itu, kakan Kemenag Musi Banyuasin, Kadis dukcapil dan kabag kesra Musi Banyuasin. Kegiatan yang sedianya di buka secara langsung oleh Bupati Musi Banyuasin itu, terpaksa diurungkan karena pada saat bersamaan Bupati Musi Banyuasin juga mempunyai agenda kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan, maka jadilah kegiatan itu di buka oleh Kabag Kesra H. Opi Palopi, MA.

Dalam sambutannya, kabag kesra menyampaikan bahwa kegiatan itsbat terpadu itu, adalah pertama kali dilakukan di Musi Banyuasin, kegiatan itu didukung secara penuh oleh Pemkab Musi Banyuasin, tujuan utama kegiatan itu adalah untuk menciptakan kepastian hukum bagi masyarakat. Masih banyak masyarakat Musi Banyuasin itu yang tidak mempunyai identitas perkawinan yang jelas, perkawinan sah, tapi tidak mempunyai kekuatan hukum. Hingga akibatnya, mereka kesulitan untuk mengurus semua administrasi kependudukan dan lain sebagainya. Banyak di antara mereka itu yang mempunyai harta, ingin umrah, ingin naik haji, tapi tidak bisa membuat pasport nya, karena tidak ada bukti pernikahan. Itu problem bagi masyarakat, pun problem bagi pemerintah, oleh karena itu, kami dari pihak pemerintahan sangat concern untuk mengentaskan masalah itu. Dan hari ini, setelah mengadakan sosialisasi dan verifikasi yang cukup lama, terlaksana juga kegiatan itu dengan baik. Oleh karena kami dari pemerintahan Kabupaten sangat mengapresiasi kegiatan itsbat itu, apalagi sifatnya terpadu seperti ini, bisa bekerjasama secara baik antara Pemkab, kemenag dan Pengadilan Agama Sekayu, dan menghasilkan yang terbaik bagi masyarakat Musi Banyuasin.

Baca juga: PA Sekayu Adakan Diklat Tehnik Verifikasi Data Isbat Nikah

Sementara itu, terkait kegiatan itsbat itu, ketua Pengadilan Agama Sekayu mengatakan bahwa kegiatan itsbat terpadu itu, bisa terlaksana berkat kerjasama antara Pemkab Musi Banyuasin, Kemenang Musi Banyuasin dan Pengadilan Agama Sekayu, tanpa kerjasama, kegiatan itu tidak mungkin bisa terlaksana dengan baik. Di samping itu, kegiatan itsbat itu, juga merupakan tindak lanjut dari hasil MoU (Memorandum of Understanding) antara Pengadilan Tinggi Agama Palembang dengan Gubernur Sumatara Selatan pada 27 Maret 2019 lalu. Gubernur menginstruksian kepada Biro atau Kabag Kesra agar dapat menyampaikan kepada Bupati dan Walikota se Sumatera Selatan untuk menindaklanjuti MoU pelayanan itsbat terpadu itu.

Dan Alhamdulillah, apa yang diharapkan dalam pelaksanaan itsbat terpadu itu, agar masyarakat memiliki kepastian hukum, bisa terlaksana pada hari itu, untuk pertama kalinya di Kecamatan Lawang Wetan. Yang nanti akan diikuti Kecamatan lain yang pesertanya telah lulus tahap verifikasi data. Kegiatan itsbat nikah yang dilaksanakan itu, pada hari itu menyidangkan 77 Perkara, dan itu benar-benar terpadu antara PA Sekayu, Kemenag Muba dan Dukcapil Muba. Pada hari itu juga, sesaat setelah pembacaan penetapan pengesahan nikahnya, langsung diterbitkan penetapan itu, lalu dibawa ke team Kementrian Agama untuk dikeluarkan buku nikahnya, terus oleh Dukcapil diterbitkan akta kelahiran. Sehingga tidak heran pada hari itu, banyak pasangan suami isteri yang telah diitsbatkan nikahnya merasa senang dan dan keluar ruangan dengan senyum sumringah, sebab dalam sejarah perjalanan hidupnya, yang sudah setengah abad lebih itu, pun sudah mempunyai anak bahkan cucu itu, baru kali itu memegang buku nikah dan memiliki akta kelahiran. (Humas PA Sekayu)