05
Kam, Des
0 New Articles

BIMTEK 9 APLIKASI UNGGULAN BADILAG

Berita Utama
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

PA-SEKAYU.GO.ID – Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang Yang Mulia Drs. H. Endang Ali Ma’sum, S.H., M.H, membuka Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Implementasi 9 Aplikasi Unggulan Badan Peradilan Agama Se – Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Kamis-Jum’at (14-15 November 2019), di Aula Pengadilan Tinggi Agama Palembang lantai IV, Jalan Jenderal Sudirman KM 3,5 Palembang.

Bimtek dan Sosialisasi tersebut dikuti 12  Pengadilan Agama di Wilayah  Pengadilan Tinggi Agama Palembang yang diikuti oleh Panitera, Kasubag Perencanaan Teknologi Informasi & Pelaporan, serta Operator, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Palembang .

Panitera Pengadilan Agama Sekayu (PA Sekayu), Bpk Yuli Suryadi, S.H., M.M mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut bersama dengan Sekretaris PA Sekayu, Sudarman, S.Ag., M.H, Kasubag PTIP Rada Faisal, S.Kom dan Neno Ramadhaniswarga, S.H. sebagai operator.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pengadilan Tinggi Agama Palembang dengan Badan Peradilan Agama. Setelah dibuka secara resmi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, beliau berharap seluruh Satker bersungguh-sungguh mengikuti Bimtek ini dan berharap ketika pada tanggal 25 November 2019 Dirjen Badilag melakukan monitoring penggunaan 9 aplikasi dimaksud, aplikasi sudah diterapkan diseluruh PA. Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Palembang.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan Bimtek dan Sosialisasi oleh narasumber Tim IT Badilag yaitu Bapak Aulia. Selain memberikan  materi teoritis, peserta juga melakukan simulasi tentang mekanisme penguploadan putusan menggunakan aplikasi tersebut (E-Eksaminasi).

Selanjutnya pada sesi yang kedua, disosialisasikan Sistem Command Center (Telekonferensi), yang berguna untuk melakukan telekonferansi dengan pihak lain, kemudian dilakukan ujicoba teleconference dengan satker yang sedang mengikuti bimtek, tidak ketinggalan PA. Sekayu juga melaksanakan ujicoba tersebut dan berhasil dengan baik, narasumber menyarankan agar sesering mungkin mengadakan ujicoba karena tidak menutup kemungkinan Dirjen Badilag akan mengadakan teleconference dadakan dengan Satker yang ada di Indonesia, Narasumber menyatakan Dirjen akan memberikan waktu 30 menit saja untuk persiapan teleconference tersebut dan satker yang dituju kalau tidak sering latihan maka akan kelimpungan dan menjadi objek teguran oleh Badilag.

Pada hari kedua tanggal 15 November 2019 Bimtek dan Sosialisai, materi yang disampaikan aplikasi notifikasi SMS perkara, e-kuangan, Antrian Sidang dan e-register.  seluruh peserta antusias mengikuti bimtek ini dikarenakan penyampaian materi oleh narasumber cukup menyenangkan dengan metode teori dan praktek serta memberikan petunjuk dan menyelesaikan kendala teknis yang dialami oleh peserta Bimtek.

| Humas Pengadilan Agama Sekayu