05
Kam, Des
0 New Articles

Penutup Sidang Itsbat Terpadu, PA Sekayu sidangkan 105 Pasangan Suami Isteri

Berita Utama
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

PA.SEKAYU.GO.ID. Kamis (27/11/19) Siang itu, bertempat di Kecamatan Jirak, yang bejarak kurang lebih 51 KM dari Kecamatan Sekayu, akhirnya kegiatan itsbat nikah terpadu tahap akhir secara resmi ditutup oleh bupati Musi Banyuasin melalui Kabag Kesra H. Opi Palopi.

Dalam sambutannya, Opi mengatakan, kegiatan itsbat terpadu itu, pada tahun ini adalah kegiatan terakhir setelah sebelumnya diadakan di beberapa kecamatan, di antaranya di Kecamatan Lawang Wetan, Kecamatan Sekayu, Kecamatan Lais, dan Kacamatan Sanga Desa. Alhamdulillah semua kegiatan itu berjalan dan terlaksana dengan baik.  Semua itu tentu saja tidak terlepas dari dua motor utama penggerak kegiatan, yaitu Pengadilan Agama Sekayu dan Kementrian Agama Musi Banyuasin. Oleh karena itu, atas nama Bupati Musi Banyuasin, kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PA Sekayu dan Kementrian Agama Muba atas sinergi ini. Kedepan sinergi ini akan kita tingkatkan, namun tentu saja nanti akan diadakan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan itu.

Sebagai diketahui, bahwa sinergi kegiatan itu menciptakan one day service terhadap 3 produk sekaligus, penetapan pengadilan, buku nikah dan akta kelahiran. Ada tiga meja yang dipersiapkan bagi masyarakat. Pertama meja persidangan, yang dipersiapkan Pengadilan Agama. Kedua meja pencatatan dan pencetakan buku nikah, yang dipersiapkan oleh kementrian agama dan ketiga meja pencetakan akta kelahiran yang dipersiapkan dukcapil.

Tahapannya masyarakat mengikuti persidangan dulu, jika dikabulkan, maka akan keluar penetapan, lalu penetapan itu disampai kepada petugas dari kementrian agama untuk dicatatkan perkawinannya, dan keluarlah buku kutipan akta nikah, lalu setelah dapat buku nikah, dilaporkan ke meja dukcapil untuk pembuatan akta kelahiran.

Itsbat terbaru tahap akhir itu, pada hari itu menyidangkan 105 perkara, yang dimulai sejak pukul 09.00 wib, dan berakhir hingga pukul 15.00 wib.  Dan akhirnya setelah sukses melaksanakan semua kegiatan itsbat terpadu itu, dengan mengucapkan alhamdulillah, kabag kesra secara resmi menutup kegiatan itu.            (Humas PA Sekayu)