29
Sab, Feb
0 New Articles

Yang Mulia Hakim Agung, Dr. H. Edi Riadi, S.H., M.H. Ajak Buat Panduan Eksekusi Sewilayah PTA Palembang

Berita Utama
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

PA-SEKAYU.GO.ID | Pagi itu, Jum'at barokah (20/12/2019) bertempat di aula hotel Beston Palembang, dilaksanakan diskusi hukum tahap III di wilayah PTA Palembang. Hadir dalam kegiatan itu, para hakim tinggi, para ketua, para wakil ketua, para hakim, para Panitera, para Panmud dan Jurusita se-wilayah PTA Palembang.

Kegiatan yang diagendakan satu hari full itu, mengambil tema eksekusi dan permasalahannya. Dan sebagai nara sumber utama adalah Dr. H. Edi Riadi, SH, MH. Hakim Agung Kamar Agama pada Mahkamah Agung RI.

Dalam pengantarnya, beliau mengatakan, "pertama, Saya mengucapkan terima kasih banyak bisa bertatap muka secara langsung dengan keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Palembang. Sejatinya, yang menjadi nara sumber adalah Ketua Kamar Agama, Yang Mulia Bapak Dr. H. Amran Suadi, SH., MH. Namun karena beliau ada acara keluarga di Medan, beliau meminta kesediaan saya untuk menjadi narasumber dalam diskusi hukum itu.

sumber foto: pta-palembang.net
sumber foto: pta-palembang.net

 

Lanjut beliau, “Kedua, Saya sebenarnya sudah lama tidak berkecimpung dalam masalah praktis ini. Saya telpon KPTA, saya tanya berapa jumlah pesertanya, 150 peserta ujar KPTA, saya kaget, 150 peserta gimana caranya?, padahal masalah eksekusi itu banyak sekali, saya sendiri membawa sekitar 15 masalah. Tadinya seleruh peserta ini akan membahas 15 masalah itu dengan masing-masing 15 meja bundar, tapi tidak cukup waktu untuk membahas satu persatu.

“Ketiga, yang penting bagi kita itu, ketua, hakim, panitera dan Jurusita, bagaimana kita itu memiliki panduan mengenai eksekusi, ini penting, sebab walaupun diskusi, tapi tidak mempunyai panduan, percuma, lewat lagi ilmunya, jadi tidak ada gunanya. Oleh karena itu saya mengajak untuk membuat panduan mengenai sita dan eksekusi sewilayah PTA Plaembang. Dari 15 masalah yang saya bawa itu, kita cukup membas 3 masalah saja dulu, selebihnya nanti akan dikembangkan oleh PTA. Demikian yang disampaikan beliau Yang Mulia H. Edi Riadi dalam pengantarnya sebelum memulai diskusi hukum.

YM. Edi Riadi, S.H., M.H. Sedang Memandu Diskusi
YM. Edi Riadi, S.H., M.H. Sedang Memandu Diskusi

Setelah membagi kelompok menjadi 3 bagian, temapun dibagikan untuk kelompok satu persatu, dan diskusi pun berjalan dengan baik. Dalam diskusi itu, yang beliau inginkan adalah menyusun langkah-langakah praktis pelaksanaan eksekusi, bukan mencari persoalan baru, sehingga ketika dihadapkan dengan adanya pengajuan eksekusi, tidak bingung lagi, pun sudah tahu apa yang harus dilakukan.

Demikianlah, dan dengan keterbatasan waktu, diskusi yang berjalan kurang lebih 4 jam itu, akhirnya dengan cepat harus diselesaikan, karena beliau ada agenda yang tidak bisa ditinggal.

Barakallah, semoga kerangka praktis yang diberikan kepada para peserta diskusi hukum itu, memberikan manfaat dan pengetahuan yang berharga bagi semua.

(Humas PA Sekayu)