Bersatu Membangun Administrasi Kepaniteraan PA Sekayu yang Akuntabel dan Transparan

Berita Utama
Typography

PA-SEKAYU.GO.ID| Kamis, 23 April 2020, Pasca dilantik sebagai Panitera PA Sekayu, Bapak Ahmad Fikri, S.H.I., M.H.I , langsung bergerak memetakan sejumlah masalah, khususnya di bagian kepaniteraan PA Sekayu. Dalam telaahan awalnya ia menemukan beberapa administrasi kepaniteran yang harus segera dibenahi. Di antara masalah yang harus segera diselesaikan itu adalah percepatan penyampaian laporan perkara, Percepatan penyelesaian upload putusan, dan percepatan pemberkasan perkara banding.

Ia menyampaikan bahwa berdasarkan data yang disampaikan PTA, laporan bulanan yang disampaikan PA Sekayu sering terlambat, kedepan hal itu akan dibenahi, dan akan dipastikan laporan itu tepat waktu. Lalu terkait upload putusan, ia menyampaikan, masih ada kira kira 6% lagi putusan yang belum diupload, ini juga menjadi prioritas kita. Dan terakhir penyelesaian perkara banding yang harus dikejar dalam waktu dekat ini.

Selain problem itu, masih ada lagi yang perlu ia analisa lebih lanjut, yakni terkait sinkronisasi semua data perkara maupun keuangannya. Ini penting sekali, karena dengan sinkronnya semua data itu, akan memudahkan untuk mengoutput data sebagai bahan baku laporan perkara. Dengan sinkronnya semua data itu, maka akuntabilitas laporan yang disampaikan bisa teruji dengan baik.

Menyikapi program panitera itu, sekretaris PA Sekayu menyatakan siap mendukung secara totalitas, menurutnya, pembenahan itu, tentu saja untuk kemajuan kantor ini, maka kita akan siapkan sarana, prasana maupun SDM nya selain sekretaris, wakil ketua juga memberikan respon positif terhadap program panitera itu, semoga program itu bisa berjalan dengan baik, dan itu tidak lagi menjadi hutang PA Sekayu.

Terpisah, menanggapi program Panitera itu, ketua PA Sekayu merespon dengan baik dan siap memberikan akses, serta menyiapkan semua yang dibutuhkan untuk pembenahan itu. Dan itu tentu saja dengan melibatkan semua SDM PA Sekayu. Dan yang terpenting itu, apa yang dibutuhkan untuk percepatan itu, segera disampaikan dan dikoordinasikan dengan pimpinan, kita segara akan menyiapkan dan menindaklanjutinya, Demikian ketua.

Walhasil dengan pergeseran dan mutasi pejabat kepaniteraan pada pengadilan agama Sekayu itu, diharapkan ada penyegaran dan semangat kinerja yang semakin baik. Sehingga eksistensi PA Sekayu sebagai salah satu PA yang selalu siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat itu bisa tetap konsisten dan istiqomah. (Humas PA Sekayu)