Pengantar Tugas 16 Orang Personil PA Sekayu ke PA Lain dan PA Baru

Berita Utama
Typography

PA-SEKAYU.GO.ID - Pengadilan Agama Sekayu (PA Sekayu) adakan acara pengantar tugas bagi Wakil Ketua, Hakim dan Pegawai yang mendapatkan promosi dan mutasi ke Pengadilan Agama lain. Acara ini dilaksanakan hari Rabu (24/10/2018), di Ruang Pertemuan Lt. 2 PA Sekayu, Jalan Merdeka Lingkungan I Nomor 497, Sekayu.

Ketua Panitia, Muhamad Choirudin, S.H.I. mengatakan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka pengantar tugas Wakil Ketua, Hakim dan Pegawai PA Sekayu, sehubungan dengan adanya perpindahan tugas mereka ke Pengadilan Agama lain. 

“Panitia telah mengundang seluruh personil yang pindah tugas, untuk hadir bersama-sama pada acara tersebut dengan membawa masing-masing pendampingnya. Selain itu seluruh Hakim, Pejabat, Staf dan Honorer di Lingkungan PA Sekayu juga kami undang menghadiri acara itu” bebernya, sehari sebelum pelaksanaan acara.  

Baca Juga : Pengantar Tugas Ketua PA Sekayu, Drs. Cik Basir, S.H., M.H.I.

Acara tersebut juga dihadiri oleh semua Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, Staf, dan Honorer di lingkungan PA Sekayu beserta keluarganya. Selain itu hadir juga ibu-ibu Dharmayukti Karini PA Sekayu.

Sebanyak 16 Orang Pindah Tugas dari PA Sekayu

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 16 orang personil keluar dari struktur organisasi PA Sekayu pada triwulan ke III tahun 2018 ini, diantaranya melalui surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI Nomor 1999/DJA/KP.04.6/VIII/2018, tanggal 9 Agustus 2018, Wakil Ketua PA Sekayu, Yunadi, S.Ag. menjadi Ketua PA Panyabungan dan H. Ahmad Mus’id Yahya Qadir, Lc., M.H.I. menjadi Hakim PA Sarolangun.

Selanjutnya 4 orang Hakim mutasi melalui surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI Nomor  2500/DJA/KP.04.6/IX/2018, tanggal 25 September 2018, yang memindahkan Lukmin, S.Ag. M.E. dan Dwi Husna Sari, S.H.I. menjadi Hakim PA Prabumulih, sedangkan Alfi Zuhri, S.Ag. menjadi Hakim PA Martapura dan Erfani, S.H.I., M.E.Sy. menjadi Hakim PA Kasongan.

Berselang seminggu kemudian, keluar surat Sekretaris MA RI tanggal 25 September 2018, yang memindahkan 4 orang Tenaga Non Teknis Kesekretariatan PA Sekayu ke PA baru, diantaranya Sutarja, S.Sos. menjadi Sekretaris PA Muaradua, Ismail, S.Kom. menjadi Kapala Sub Bagian Umum dan Keuangan PA Pangkalan Balai, Edy Gunawan, S.H. menjadi Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana PA Pangkalan Balai, dan Nunung Rasum, S.H. menjadi Kepala Sub Bagian Perencanaan, TI dan Pelaporan PA Pangkalan Balai.

Seminggunya lagi kemudian, barulah surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI Nomor 2683/DJA/KP.04.6/X/2018, tanggal 01 Oktober 2018, yang memindahkan 4 orang Tenaga Teknis Kepaniteraan PA Sekayu ke PA baru, diantaranya H. Khairuddin, S.Ag., S.H., M.H.I. menjadi Panitera PA Muaradua, Zarbani, S.H. menjadi Panitera Muda Gugatan PA Pangkalan Balai, Fakhrul Jamil, S.H., menjadi Panitera Muda Gugatan PA Muaradua, dan Nur Anwar, S.H.I. menjadi Panitera Muda Permohonan PA Martapura.

Sebelumnya, dari empat kali TPM tersebut, sebanyak 2 orang Pegawai PA Sekayu telah mutasi lebih awal sebagaimana surat Ketua PTA Palembang Nomor W6-A/897/Kp.04.1/VII/2018, tanggal 23 Juli 2018 yang memindahkan Hadi Surahman, A.Md. dan Yessi Arianty, S.E. menjadi Staf pada PA Palembang.

Kesan dan Pesan dari Pegawai PA Sekayu

Hakim PA Sekayu, Asyrof Syarifuddin, S.H.I. yang berkesempatan menyampaikan Kesan dan Pesan dari Pegawai PA Sekayu. Ia mengatakan, bahwa begitu banyak kesan baik dari Pegawai yang pindah tugas ke Pengadilan Agama lain dalam bergaul selama bertugas di PA Sekayu. Tentunya hal-hal baik tersebut dapat menjadi contoh dan teladan bagi kami semua yang ditinggalkan di PA Sekayu. Sebagai pesan penghantar tugas, kami semua disini berdo’a dan berharap, ditempat yang baru rekan-rekan dapat menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik dan amanah.

Kesan dan Pesan dari Pegawai yang pindah tugas

Yunadi, S.Ag., Wakil Ketua PA Sekayu dahulu, yang sudah dilantik menjadi Ketua PA Panyabungan dalam kesempatan tersebut berbicara dan menyampaikan berbagai hal penting selama memimpin PA Sekayu. Ia, diawal kata menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua PA Sekayu, Saifullah Anshari, S.Ag., M.Ag. atas bantuan yang diberikan kepadanya saat proses transisinya menjadi Ketua PA Panyabungan.

Adapun hal yang diutarakannya adalah mengenai program kerja antara PA Sekayu yang berhubungan erat dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin. Selain itu ia juga menyampaikan, bahwa sebelumnya berkeinginan mengusulkan kembali kenaikan kelas untuk PA Sekayu, namun Allah telah mendahului itu dengan mengamanahinya jabatan sebagai Ketua PA Panyabungan, sehingga keinginan tersebut belumlah dapat terwujud, katanya.

Kepada Ketua PA Sekayu, Saifullah Anshari, S.Ag., M.Ag. ia mengharapkan agar keinginannya untuk mengusulkan kenaikan kelas PA Sekayu tersebut dapat dilanjutkan kembali. Menurutnya, karena saat ini sarana dan prasarana yang dimiliki PA Sekayu dalam menunjang operasional sehari-hari di kantor, dipandang sudah sangat baik dari pada yang sebelumnya, saat gedung kantor PA Sekayu kondisinya belum prototype. Disamping hal itu, sudah ada pelayanan berstandar mutu pada PA Sekayu yang terakreditasi A Excelent, dan terlebihnya lagi sudah ada juga Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang dapat dijadikan faktor pendukung PA Sekayu menuju ke kelas IB.  

Selanjutnya masih dalam momen kesan dan pesan tersebut, disela waktu ia menyapa dan melempar kesempatan bagi Pegawai lainnya untuk ikut mencurahkan kesan dan pesan pula. Adapun yang mendapat kesempatan dari beliau tersebut diantaranya saudara Yessi Arianty, Lukmin dan Khairuddin.

Sedangkan diakhir pembicaraanya, ia tidak lupa untuk menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan baik perkataan atau perbuatan yang pernah dilakukan kepada semua Pegawai PA Sekayu. 

“Permohonan maaf ini kami sampaikan baik kepada Pegawai yang masih tinggal di PA Sekayu maupun Pegawai yang akan pergi ke Pengadilan Agama lain dan Pengadilan Agama baru,” katanya. 

Amanat Ketua PA Sekayu

Ketua PA Sekayu, Saifullah Anshari, S.Ag., M.Ag. dalam acara pengantar tugas tersebut memberikan sambutan dan amanat. Ucapan selamat ia sampaikan kepada semua Pegawai yang pindah tugas ke Pengadilan Agama lain atau Pengadilan Agama baru.

“Kami semua mengucapkan selamat atas promosi jabatan yang diberikan, kami yakin dan percaya bahwa personil PA Sekayu adalah orang-orang yang pantas menerima amanah tersebut, dan semoga di tempat yang baru Bapak dan Ibu dapat lebih sukses lagi,” katanya, mengawali sambutan itu.

Selain itu saya ucapkan juga terima kasih yang sebesarnya atas semua dedikasi dan kinerja yang diberikan untuk kemajuan PA Sekayu, sehingga sampai saat ini PA Sekayu telah mendapat akreditasi A Excelent dan selain itu juga telah mendukung terlaksananya PTSP di wilayah PTA Palembang.

Sementara itu mengenai program kerja yang saat ini sudah berjalan dengan baik ataupun program-program lainnya yang masih dalam perencanaan, semaksimal mungkin akan terus dilaksanakan dengan sebaik mungkin, tentunya dengan menggunakan langkah-langkah dan cara-cara saya sendiri dalam memimpin.

Akhir sambutannya Ketua PA Sekayu menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia pelaksana yang telah menyukseskan terselenggaranya acara pengantar tugas Wakil Ketua, Hakim dan Pegawai PA Sekayu.

| Humas Pengadilan Agama Sekayu