Ketua PA Sekayu : Jadikan Kritikan Sebagai Perbaikan Pelayanan

Berita Utama
Typography

PA-SEKAYU.GO.ID - Kritik adalah penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan. Demikian setidaknya definisi yang dikeluarkan oleh wikipidia.

Dalam dunia kerja, difinisi kritik yang tepat itu adalah kritik bertujuan untuk memperbaiki pekerjaan. Timbul pertanyaan, kenapa kinerja perlu diperbaiki?

Sebagai yang dipahami bahwa dunia kerja itu adalah dunia real, dunia praktik dan dunia apa adanya, dan ini sangat berbeda sekali dengan dunia ide atau dunia aturan (role). Dalam dunia kerja, secara ideal biasanya ada seperangkat aturan ataupun standar operasional prosedur yang harus dijalankan, akan tetapi terkadang aturan-aturan itu atau standar operasional prosedur itu tidak bisa berjalan secara baik dalam praktiknya.  Katakanlan misalnya pelayanan Pengadilan Agama Sekayu kepada masyarakat. Kita memahami bahwa ide dasar pelayanan itu adalah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, untuk memberikan pelayanan terbaik itu ada standar operasional yang harus diterapkan yang nantinya akan dilaksanakan oleh seorang petugas yang telah dilatih dan dididik untuk menjalankan tugas memberikan pelayanan. Dalam perjalanannya, petugas pelayanan ini sering terganggu, ataupun lupa dengan tugasnya, lupa yang seharusnya dia berikan kepada masyarakat dan lupa dia harus bertindak seperti apa, sehingga karena kelupaan dan kealpaannya itulah pada akhirnya masyarakat yang meminta pelayanan merasa kurang puas, menggurutu, dan ngomel-ngomel. Shingga keluarlah istilah istilah seperti “pelayanannya lelet, pelayanannya kok lama bangat, kok berbelit-belit, gak professional, masak melayani sambil main HP” dan lain sebagainya.

Disadari atau tidak, sebenarnya apa yang digurutukan masyarakat itu adalah sebuah kritikan kepada instansi kita, dan itu justru mengingatkan kita pada tugas kita seharusnya. Terkadang kita lupa dan lalai dan tanpa sadar di hadapan kita ada seseorang yang sedang membutuhkan kita, tapi kita cuek saja. Dan sekali lagi, kita tidak perlu phobia terhadap kritikan, kita harus terbuka dan siap menerima kritikan yang lebih tajam, karena dengan membuka diri terhadap kritikan itu, justru akan memperbaiki dimana kelemahan instansi kita selama ini.

| Humas Pengadilan Agama Sekayu