Sidang Itsbat Terpadu PA Sekayu Bersama KUA Kecamatan Bayung Lencir

Berita Utama
Typography

PA_SEKAYU.GO.ID - Jum’at (14/12/2018) sekitar pukul 04.00 Wib rombongan PA Sekayu bergerak dari Sekayu menuju Bayung Lencir Indah, dengan tujuan untuk melaksanakan itsbat nikah bersama Kantor Urusan Agama Kecamatan Bayung Lencir yang bertempat di Kantor Lurah Bayung Lencir Indah. Setibanya di lokasi, kurang lebih pukul 9.30 Wib, para peserta telah berkumpul dan sudah siap untuk mengikuti persidangan, namun sebelumnya kegiatan tersebut secara resmi harus di buka, dan ada beberapa sambutan yang harus disampaikan.

Kegiatan ini adalah pertama kali dilakukan atas dasar permintaan masyarakat yang dipasilitasi oleh PT. Transportasi Gas Indonesia. Rencana awal kegiatan Ini dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2018, akan tetapi karena pada tanggal tersebut ada kegiatan lain yang tidak kalah pentingnya, yakni pelantikan wakil ketua Pengadilan Agama Sekayu, akhirnya kegiatan itsbat ini positif dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2108. Itsbat ini awalnya mentargetkan untuk menyidangkan 65 perkara yang telah terdaftar melalui petugas  PT. Transportasi Gas Indonesia yang bekerjasama dengan kelurahan setempat, akan tetapi setelah dilakukan seleksi dan verifikasi dari pihak Kantor Urusan Agama Kecamatan Bayung Lencir, hanya sebagian yang memenuhi persyaratakan untuk dilakukan itsbat nikah. Selebihnya, ada yang tidak mengembalikan blanko, dan ada pula yang takut untuk melakukan persidangan.

Baca Juga : PA Sekayu Rapat Jadwalkan Sidang Keliling Tahun 2017

Hadir dalam kegiatan ini Manajer PT. Transportasi Gas Indonesia, Yudi Yandi, didampingi Camat Bayung Lencir, Kepala KUA Bayung Lencir, Sekretaris Lurah dan Porkompimca, yang dalam sambutannya menyatakan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Camat, Lurah, kepala KUA dan secara khusus kepada Pengadilan Agama Sekayu yang bersedia melaksanakan kegiatan ini. Terus terang saja, kegiatan ini adalah bagian dari public awareness program (program kesadaran publik) yang dimiliki oleh PT. Transportasi Gas Indonesia, yang setiap tahun harus mereka realisasikan. Namun untuk mereialisasikan public awareness program itu, kita arahkah pada kebutuhan masyarakat secara tepat, kebetulan pada tahun ini banyak mesyarakat yang mengeluh tidak punya buku nikah, dan kami mencoba menjajakinya dengan pengadilan Agama Sekayu, dan Alhamdulillah direspon dengan baik.

Adapun Ketua Pengadilan Agama Sekayu, Saifullah Anshari,  dalam sambutannya mengatakan, bahwa hari ini adalah hari yang bersejarah bagi kehidupan rumah tangga bapak ibu peserta itsbat semua, jika selama ini tidak memiliki identitas yang pasti dalam perkawinan, maka insyaallah pada hari ini akan segera tereaslisasi.” Bapak-bapak dan ibu-ibu semua, juga sudah bisa merancang atau memikirkan untuk membuat pasport, siapa tahu ada yang mau berangkat ibadah haji, atau umroh. Karena salah satu syarat bagi pasangan suami istri untuk ibadah haji atau umroh, harus mempunyai identitas yang jelas dalam perkawinan, dan itu hanya bisa dijawab melalui buku nikah. Kedepan, Ketua Pengadilan Agama juga mengingatkan, kalau mau menikah, ikutilah prosedur yang sudah ditentutukan oleh Undang-Undang, kalau tidak tahu tanyakan ke Kantor Urusan Agama setempat, supaya tidak menyusahkan di masa yang akan datang. Sampaikan kepada saudara, anak, dan kolega terdekat kita di masyarakat supaya melaksanakan pernikahan sesuai prosedurnya, dan jangan menikah di bawah tangan sehingga tidak tercatat secara resmi oleh negara. Selanjutnya Ketua Pengadilan Agama Sekayu juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT. Transportasi Gas Indonesia yang telah mempasilitasi kegiatan ini, dan ini sangat besar sekali manfaatnya, dan dalam rangka menumbuhkan kesadaran hukum bagi masyarakat.

Demikian, kegiatan itsbat akhirnya secara resmi ditutup pada pukul 15.00 Wib, ditandai dengan penyerahan penetapan itsbat secara kolektif kepada Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Bayung Lencir, yang sekaligus pada saat itu juga, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Bayung Lencir menyerahkan Buku Kutipan Akta Nikah kepada para peserta itsbat. Barakallahu lana wa Baraka alaikum wa jama’a bainakum fi khair.

| Humas Pengadilan Agama Sekayu