Rapat Kerja Akhir Tahun Pengadilan Agama Sekayu

Berita Utama
Typography

PA-SEKAYU.GO.ID - Selasa (18/12/2018) bertempat di aula utama Pengadilan Agama Sekayu dilaksanakan rapat kerja akhir tahun dengan agenda pertama, langkah-langkah menghadapi akhir tahun 2018 dan penyampaian program kerja 2019 dan RKA-KL Tahun Anggaran 2020. Kedua, sosialisasi e-court, ketiga, sosialisasi Akreditasi Penjaminan mutu (APM) dan keempat, penyampaian hasil pembinaan Ketua Kamar Agama. Raker yang diikuti seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Agama sekayu ini, berjalan cukup santai dan pasti. Secara materi langsung disampaikan oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan  Sekretaris Pengdilan Agama Sekayu secara bergantian.

Sebagai pembuka, Ketua Pengadilan Agama Sekayu, Saifullah Anshari, menyampaikan hasil pembinaan Ketua Kamar Agama Dr. H. Amran Suadi, SH., M.Hum., M.M. di Sintesa Peninsula Hotel akhir bulan lalu, ada beberapa hal penting yang memang harus dilaksanakan oleh para aparatur Pengadilan Agama Sekayu, di antaranya adalah menjaga integritas, penyelesaian perkara tepat waktu dan meningkatkan kualitas putusan bagi hakim. Selebihnya adalah memperhatikan SIPP, segera menerapkan zona integritas, wilayah bebas korupsi (WBK), wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) dan one day minute. Inilah diantaranya beberapa hal yang harus dilaksanakan Pengadilan Agama Sekayu, dan sebagai rekomendasi, dalam waktu dekat program ini segara akan dilaksanakan di Pengadilan Agama Sekayu.

Rapat Koordinasi ke-II Pengadilan Agama Sekayu

Selanjutnya, Wakil Ketua Pengadilan Agama Sekayu, Suryadi, menyampaikan tentang APM (Akreditasi Penjaminan Mutu), beliau menjelaskan ada beberapa perbedaan prinsipil antara APM dengan SAPM, mulai dari stuktur yang berbeda hingga hilang-nya beberpa Pj. dalam SAPM, beliau jelaskan secara detail. Selanjutnya dalam menyikapi APM ini, menurut beliau, cepat atau lambat wajib kita laksanakan di Pengdilan Agama Sekayu, semakin cepat semakin baik, karena pada akhirnya nanti seluruh Pengadilan tanpa terkecuali harus terjamin mutu pelayanannya.

Sedangkan Panitera Pengadilan Agama Sekayu, Yuli Suryadi, menyampaikan materi e-court dan mensosialisasikankan kepada seluruh pegawai dan hakim Pengadilan Agama Sekayu, menurutnya, sebelum e-court ini kita sosialisasikan kepada para advokat, maka kita terlebih dahulu harus memahami apa itu e-court dan untuk tujuan apa serta bagaimana teknis kerjanhya. Insyaallah sosialisai e-court ini akan berlanjut beberapa hari kedepan dengan perserta para advokat, sekaligus nanti kita juga akan mendatangkan pihak dari Bank BRI yang akan menjelaskan masalah virtual account, demikian panitera menuturkan.

Adapun Sekretaris Pengadilan Agama Sekayu, Sudarman, menyampaikan beberapa persiapan untuk menghadapi akhir tahun, terutama menyangkut laporan-laporan. Dan beliau menawarkan beberapa strategi agar laporan kinerja itu bisa selesai tepat waktu. Seterusnya beliau juga menyampaikan agenda program kerja 2019 dan RKA-KL TA 2020. Dalam pemaparannya, ada beberapa poin dari program kerja itu yang nanti akan dibicarakan lebih lanjut bersama para hakim, karena kami butuh masukan supaya realisasi program kerja atau anggaran itu berjalan dengan baik.

Setelah kurang lebih dua jam, rapat kerja akhirnya selesai dan ditutup, selanjutnya para hakim dan pegawai kembali melaksanakan tugas pokok masing-masing, dan somoga apa yang baru saja dibicarakan dan dibahas dalam forum kerja, segera terealisasi dengan baik.

| Humas Pengadilan Agama Sekayu