Pengadilan Agama Sekayu Bentuk Tim Pelaksana Percepatan “One Day Publish”

Berita Utama
Typography

PA-SEKAYU.GO.ID - Pengadilan Agama Sekayu membentuk Tim Pelaksana Percepatan Publikasi Putusan (TP4) melalui Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Sekayu Nomor W6-A7/254/HK.05/I/2019. Keputusan tersebut ditandatangani oleh Ketua Pengadilan Agama Sekayu, Saifullah Anshari, S.Ag., M.Ag., tanggal 17 Januari 2019.

Kebijakan tersebut lahir dari hasil rapat Pimpinan Pengadilan Agama Sekayu, yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris, di ruang rapat pimpinan, Senin (14/1/2019).

Ketua Pengadilan Agama Sekayu menginginkan, dengan diterbitkannya Keputusan tersebut, Pengadilan Agama Sekayu diharapkan dapat mempercepat proses publikasi putusan yang ada, tidak ada lagi publikasi putusan yang tersendat, dan semuanya sudah harus “One Day Publish”.

Baca Juga : Awal Tahun yang Produktif di PA Sekayu “Penyatuan Persepsi Template BAS dan Putusan”

Keluarnya Keputusan tersebut, dianggap juga sekaligus merupakan maklumat pelayanan kepada publik bahwa Pengadilan Agama Sekayu kedepan akan mempublikasikan setiap putusan pada hari yang sama dengan perkara tersebut diputus.

“Namun demikian, sebelum adanya Keputusan tersebut pun, peningkatan kualitas informasi telah menjadi komitmen Pengadilan Agama Sekayu sejak SK Keterbukaan Informasi (SK KMA Nomor 1-144/2011) diluncurkan,” tegas Ketua Pengadilan Agama Sekayu.

Meskipun, sebetulnya sudah ada kebijakan Ketua MA yang tertuang dalam SK KMA Nomor 138/KMA/SK/IX/2009 yang mengatur batasan jangka waktu penanganan perkara, termasuk batasan waktu publikasi informasi perkara. Maka, komitmen “One Day Publish” seakan menguatkan kembali keseriusan Pengadilan Agama Sekayu untuk terus meningkatkan kualitas layanan.

Dalam keterangan selanjutnya, Ketua Pengadilan Agama Sekayu turut mengingatkan dan memberi pengarahan kepada seluruh jajarannya bahwa saat ini sudah ada tim pelaksana publikasi putusan untuk percepatan program “One Day Publish” ini.

“Tim akan selalu memantau pemublikasian putusan melalui SIPP ke Direktori Putusan setiap harinya, jika ada perkara sudah putus tetapi belum ada putusannya, kami akan mengingatkan,” tegas Ketua.

Tim Pelaksana Percepatan Publikasi Putusan (TP4) ini, diketuai oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Sekayu, Suryadi, S.Ag., S.H., M.H., dan telah melakukan pertemuan, Rabu (23/1/2019) dengan seluruh anggota untuk membahas langkah-langkah strategis yang akan ditempuh guna menyelesaikan pemublikasian putusan dari tahun 2016 s/d 2018 di SIPP ke Direktori Putusan, selama dua bulan kedepan.

| Humas Pengadilan Agama Sekayu