Penyambutan Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H., Sebagai Ketua PTA Medan Diiringi Acara Adat dan Pemberian Ulos

Berita Utama
Typography

PA-SEKAYU.GO.ID - Rabu (30/01) sekitar pukul 11.00 upacara penyambutan Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H. sebagai Ketua PTA Medan dimulai, dengan dipimpin oleh seorang tetua adat Drs. H. Maraenda Harahap. Beliau secara khusus dipinta oleh keluarga besar PTA Medan untuk memimpin acara penyambutan Ketua PTA Medan yang baru itu.

Setidaknya ada dua alasan kenapa beliau yang dipinta untuk memimpin acara penyambutan dan pemberian ulos itu. Pertama beliau adalah tokoh adat dan dipandang sebagai tetua adat di wilayah Sumatera Utara. Dan kedua, beliau mempunyai ikatan batin tersendiri bagi keluarga besar PTA Medan, karena beliau adalah purnabakti Hakim Tinggi PTA Medan.

Dalam sambutannya beliau mengatakan ulos itu tidak diberikan kepada orang orang sembarangan. Ulos itu secara harfiah artinya payung di waktu hujan dan selimut diwaktu dingin. Sedangkan secara hakiki ulos itu adalah doa untuk supaya dingin menjadi pemimpin.

Beliau juga menambahkan, bahwa bapak Ketua PTA ini berasal dari Sulawesi Selatan dan putri kami Boru Harahap dipersunting oleh Raja/Gubernur Sulawesi Selatan, maka hubungan saya dengan bapak itu adalah sebagai anak boru, jadi kemanapun bapak mesti saya bawa, ungkap Maraenda.

Setelah selesai memandu acara, selanjutnya Pak Maraenda mempersilahkan kepada keluarga besar PTA Medan untuk memasangkan ulos kepada  Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H. sebagai Ketua PTA Medan dengan diiringi irama khas tradisional dan tari tor tor.

Upacara penyambutan yang terlihat rumit itu, sangat sarat dengan makna dan menimbulkan rasa keakraban dan kekeluargaan yang tinggi, penuh dengan rasa saling menghormati dan menghargai juga rasa kasih sayang satu sama lain.

Menurut sejarahnya, ulos adalah sebuah tanda yang bisa mengayomi dan bisa memberikan kehangatan bagi pemakainya. Ulos juga diartikan sebagai sarana pelindung yang mampu memberikan perlindungan kasih sayang oleh si pemberi kepada si penerima ulos. Dan pada saat pemberian ulos tersebut maksud dan tujuan si pemberi terucapkan.

Demikian gambaran penyambutan yang hangat dari keluarga besar PTA Medan kepada  Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H. sebagai Ketua PTA Medan  yang baru, tidak lupa pula kepada seluruh pengantar beliau dan para Ketua seluruh wilayah PTA Palembang, juga diminta untuk ikut manortor bersama untuk saling berbagi kebahagian.

| Humas Pengadilan Agama Sekayu