Coffe Morning Para Hakim Pengadilan Agama Sekayu

Berita Utama
Typography

PA-SEKAYU.GO.ID - Kamis, (21/2/19), sekitar pukul 08.15 WIB, para hakim PA Sekayu melakukan pertemuan di ruang Ketua. Tujuan utama pertemuan itu adalah untuk membahas beberapa persoalan terkait pelaksanaan tugas pokok dan fungsi, masalah IKAHI, dan diskusi hukum serta progress PA Sekayu ke depan.

Hal ini sesuai dengan amanat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang pada acara rapat koordinasi yang dilaksanakan pada hari jum’at (15/02/2019) lalu, agar setiap Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Palembang, segera menghidupkan kembali IKAHI cabang. Dan segera mempersiapkan ageda dan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan diskusi hukum.

Berangkat dari amanat itu, maka pada pagi ini Ketua bersama Wakil Ketua dan para Hakim berdiskusi serta bertukar pikiran tentang apa yang diamanatkan itu. Dalam persoalan IKAHI, sejak pergantian pimpinan baik di Pengadilan Negeri, dan secara khusus kita, Pengadilan Agama, yang hingga saat ini sudah berjalan selama 4 bulan, belum ada koordinasi dengan Pengadilan Negeri.

Baca Juga : Rakor Di PTA Palembang, Ketua PA Sekayu Presentasi Evaluasi Kinerja Th. 2018

Jadi kita belum ada agenda apapun, baik itu agenda pertemuan rutin ataupun kegiatan IKAHI lainnya, kata Amiramza, salah seorang Hakim Pengadilan Agama Sekayu. Lebih jauh, Wakil Ketua PA Sekayu, Suryadi, S.Ag., S.H., M.H. menambahkan, kalau tidak salah, SK Pengurus IKAHI PA Sekayu juga belum diterbitkan. Hal senada juga disampaikan oleh Asyrof Syarifuddin dan M. Choirudin, sebagai hakim PA Sekayu, yang telah melewati beberapa kali pergantian pimpinan di PA Sekayu. Menanggapi hal ini, Ketua PA Sekayu mengatakan, keterkaitan dengan SK segera akan diterbitkan, dan selanjutnya pengurus bisa segera melakukan koordinasi dengan Pengurus IKAHI Pengadilan Negeri Sekayu.

Kemudian dalam persoalan diskusi hukum, menurut informasi Zulfahmi Mulyo Santoso, salah seorang hakim pada Pengadilan Agama Sekayu, dan telah cukup lama bertugas di Pengadilan Agama tersebut, mengatakan, dulu pada masa kepemimpinan Ketua PTA Dr. H. Syarif Mappiasse, S.H., M.H. pernah juga dilaksanakan, namun dalam bentuk bedah berkas. Pelaksanaannya dibagi perwilayah, dan kita semua para hakim dilibatkan dalam pelaksanaan diskusi itu.

Kedepan, kata ketua PA Sekayu, Saifullah Anshari, S.Ag., M.Ag., diskusi hukum bisa saja lebih dari sekedar bedah berkas, karena IKAHI daerah PTA Palembang ada rencana untuk menghadirkan hakim agung sebagai narasumber. Jadi mulai dari sekarang usahakanlah mencari bahan-bahan atau permasalahan yang berkaitan dengan tugas dan fungsi kita, atau bahan-bahan berupa kajian hukum, sehingga pada saat pelaksanaan diskusi nanti, Pengadilan Agama Sekayu bisa memberikan kontribusi pemikiran.

Di samping dua agenda pembahasan itu, diskusi dan tukar pikiran berlanjut dengan persoalan lain, terutama menyangkut progress Pengadilan Agama Sekayu kedepan. Sebagai diketahui, bahwa saat ini Pengadilan Agama Sekayu sudah menjalankan program-program yang dicanangkan oleh Mahkaman Agung dan yang diprioritaskan oleh Direktorat Jendral Badan Peradilan Agama, e-court misalnya, di PA Sekayu telah berjalan dengan baik.

Pencanangan Zona Integritas, juga sudah dimulai sejak awal Januari tahun ini, Pelayan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sudah berjalan. Demikian juga One Day Minut dan One Day Publish, juga telah berjalan, dan memasuki awal tahun 2019 ini, semua program itu terlaksana di Pengadilan Agama Sekayu, seterusnya tinggal mengkonsistensikan pelaksanaan dan menjaga ritme nya agar tetap terlaksana dengan baik. Di lain sisi, adapula program yang harus selalu dievaluasi. Seperti program Pelayanan Terpada Satu Pintu (PTSP), ini harus di monitor terus, karena menyangkut pelayanan langsung kepada masyarakat,dan sebagai rekomendasi, petugas PTSP harus terus dibina dan dilatih agar dalam pelaksanaannya sesuai dengan standar operasional prosedur.

Demikian beberapa diskusi penting bersama para hakim, dan tentu saja banyak masukan maupun kritikan yang sifatnya membangun, untuk kemajuan PA Sekayu pada masa yang akan datang. Kedepan, kata Ketua, kegiatan seperti ini akan terus digalakkan, guna menjaring aspirasi, ataupun mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapai PA Sekayu.

| Humas Pengadilan Agama Sekayu