Rapat Anggota Tahunan & Tutup Buku Tahun 2018 Koperasi Al-Mizan PA Sekayu

Berita Utama
Typography

PA-SEKAYU.GO.ID | Rabu siang yang syahdu itu (20 Maret 2019), Koperasi Al-Mizan Pengadilan Agama Sekayu, menjamu seluruh pegawai PA Sekayu, dalam kegiatan Rapat Anggota Tahunan, Tutup Buku tahun 2018. Koperasi Al-Mizan selama ini dan masih diketuai oleh M. Choirudin, S.H.I., dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa rapat kali ini merupakan rapat tersepi selama dia menjabat sebagai ketua koperasi. Hal ini karena sebelumnya jumlah anggota koperasi yang lebih dari 50 orang kini hanya bersisa kurang dari 25 anggota saja, setelah begitu banyak personil yang masuk ke gerbong mutasi dan promosi sejak pertengahan tahun 2018 yang lalu.

Mutasi dan promosi tersebut juga terjadi pada beberapa pengurus dan dewan pengawas, selain itu dengan berkurangnya anggota, lanjutnya, otomatis mengurangi modal yang dimiliki koperasi, sehingga dibutuhkan kebijakan baru agar modal tetap bisa diputar dan memberi manfaat untuk seluruh anggota.

Dalam rapat tersebut, seluruh anggota melakukan pemilihan pengurus dan pengawas untuk mengisi pos yang kosong (Sekretaris, Bendahara, dan Dewan Pengawas). Setelah pelaksanaan voting diputuskan formasi pengurus yaitu Neno Ramadhaniswarga, S.H., dan Rada Faisal, S.H., sebagai Sekretaris dan Bendahara. Sedangkan formasi Dewan Pengawas Koperasi diisi oleh Amiramza, S.H., Yuli Suryadi, S.H., M.M., dan Sudarman, S.H., M.H.;

Baca juga: Rapat Koperasi Al-Mizan PA Sekayu

Kemudian disepakati pula penambahan iuran wajib bagi seluruh anggota koperasi, yang semula Rp50.000,00 sebulan dinaikkan menjadi Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah) per bulan, maksimal pinjaman anggota juga tidak turun meskipun anggota berkurang, dan disepakati pula tidak ada penambahan atas simpanan sukarela rutin, masih tetap maksimal Rp200.000,00.

Anggota Koperasi Al-Mizan serius menyimak pemaparan dari Ketua Koperasi

Selanjutnya, oleh karena koperasi ini sudah diusahakan sedemikian rupa agar berprinsip syari’ah, maka pengelolaan modal dibuat transparan, baik sumber maupun alokasi penggunaan modal, bahkan seluruh anggota dapat mengaksesnya bahkan melihat dan menghitung sendiri jumlah SHU yang didapatnya sampai bulan berjalan.

Ketua PA Sekayu, Saifullah Anshari, S.Ag., M.Ag., yang termasuk salah satu anggota terbaru, mengapresiasi dan berterima kasih kepada pengurus dan pengawas koperasi Al-Mizan yang telah mengelola dengan tulus, ikhlas dan penuh semangat.

Ditegaskannya juga bahwa tujuan utama koperasi itu adalah untuk mengembangkan kesejahteraan anggota atau setidaknya pada tataran yang lebih kecil, koperasi itu sangat membantu kebutuhan anggota ketika dibutuhkan. Oleh karena itu, pesannya, Agar seluruh anggota bersama-sama membangun dan hidupkan koperasi ini dengan baik. Bagaimana cara membangun koperasi itu? Sekurang kurangnya pertama, selaku anggota tetap konsinten untuk melaksanakan segala kewajiban terkait simpan pinjam. Kedua, bila diperlukan bisa saja nominal simpanan, baik wajib ataupun sukarela ditingkatkan. Namun semua itu kembali kepada kesepakatan anggota, sehingga dengan kesepakatan tersebut keberadaan koperasi ini benar-benar dirasakan manfaatnya untuk seluruh anggotanya, seluruh pegawai PA Sekayu.

(Humas PA Sekayu)