PA Sekayu Menjadi Narasumber dalam Sosialisasi Itsbat Nikah Terpadu

Berita Utama
Typography

PA-SEKAYU.GO.ID – Senin, 29 April 2019, Pengadilan Agama Sekayu mendapatkan kesempatan menjadi salah satu narasumber dalam pelaksanaan sosialisasi program Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, yaitu Itsbat Nikah Terpadu. Acara ini digagas oleh Pemkab Musi Banyuasin bekerjasama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Musi Banyuasin.

Sedianya acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin, berhubung padatnya acara, Pembukaan acara ini diwakili oleh Kabag Kesra Pemkab Musi Banyuasin, Dr. Opi Palopi, MA. Sementara yang menjadi narasumbernya adalah perwakilan dari Pengadilan Agama Sekayu dan Kementerian Agama Musi Banyuasin.

Acara yang dilaksanakan di Aula Hotel Ranggonang, Sekayu, ini dihadiri oleh sekitar 35 orang perwakilan gerakan pramuka seluruh kecamatan se kabupaten Musi Banyuasin ini, sebagaimana disampaikan oleh Dr. Opi Palopi, MA, bertujuan memperkenalkan adanya program kerja Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin tahun 2019 berupa itsbat nikah terpadu. Para peserta dan seluruh elemen gerakan Pramuka juga diajak untuk ikut menyukseskan acara tersebut dengan cara menyosialisasikan acara dimaksud kepada keluarga dan masyarakat di lingkungan mereka masing-masing.

Baca Juga: Sidang Itsbat Terpadu PA Sekayu Bersama KUA Kecamatan Bayung Lencir

Sementara itu, Wakil Ketua PA Sekayu, Suryadi, S.Ag., S.H., M.H., yang menjadi salah satu narasumber dalam acara tersebut menyampaikan kompetensi atau kewenangan Pengadilan Agama sebagaimana termuat dalam Pasal 49 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 yang kemudian diubah dengan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2006. Di mana meskipun kebanyakan masyarakat lebih mengenal PA sebagai tempat menyelesaikan perkara yang berkaitan dengan perkawinan (ada 22 perkara yang masuk di dalamnya), namun PA juga mempunyai tupoksi untuk menerima dan menyelesaikan perkara-perkara waris, wasiat, hibah, wakaf, zakat, infaq, shadaqah, dan ekonomi syari’ah.

Waka PA Sekayu juga menerangkan Pengertian itsbat nikah terpadu, Latar belakang dan dasar hukum itsbat nikah, Kriteria itsbat nikah, syarat-syarat pernikahan yang bisa diajukan permohonan/gugatan  itsbat nikah, serta syarat-syarat administrasi pengajuan permohonan/gugatan itsbat nikah.

Baca Juga: Karena Hukum bersifat Dinamis, Diskusi Hukum adalah Keniscayaan

Sosialisasi ini semakin seru dengan adanya sesi tanya jawab sebelum acara berakhir, banyak peserta yang sangat antusias dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang itsbat nikah, karena sudah banyak terjadi di masyarakat, tetangga, bahkan keluarga mereka yang ternyata membutuhkan lembaga Itsbat nikah ini.

(Humas PA Sekayu)