PA Sekayu Menerima Mahasiswa Peserta Kuliah Kerja Lapangan dari UIN Raden Fatah Palembang

Berita Utama
Typography

PA-SEKAYU.GO.ID – Selasa, 18 Juni 2019, Pagi itu masih ranum, ketika serombongan Mahasiswa berjaket warna biru langit nampak bergerombol di depan gedung Pengadilan Agama Sekayu. Bukan, mereka tidak hendak melakukan demonstrasi, mereka adalah Peserta Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dari UIN Raden Fatah Palembang. 10 Mahasiswa yang berasal dari Fakultas Syari’ah dan Hukum tersebut didampingi oleh Dr. H. Marsaid, M.A. (Wakil Dekan I FSH), Dr. Paisol Burlian, M.Hum. (Ketua Panitia KKL),  Drs. M. Teguh Ali, M.Si. (Kabag TU/Panitia), dan Armasita, S.Ag., M.H. (Dosen Pembimbing Lapangan/DPL).

Ketua PA Sekayu, Saifullah Anshari, S.Ag. M.Ag. kemudian menerima perwakilan Fakultas Hukum dan Syari’ah UIN Raden Fatah Palembang tersebut, setelah beberapa saat beramah tamah di ruang Ketua, segera beranjak menuju ruang pertemuan PA Sekayu. Para Mahasiswa juga telah hadir di sana, termasuk para hakim PA Sekayu, Panitera, Sekretaris, serta beberapa kasubag PA Sekayu.

Dalam pengantarnya, Drs. H. Marsaid, M.A. yang mewakili Dekan FSH menyampaikan bahwa kegiatan KKL ini merupakan salah satu agenda wajib bagi para mahasiswa, di mana dari sekitar 400-an mahasiswa disebartugaskan di berbagai instansi hukum, terutama di pengadilan-pengadilan tingkat pertama, atas rekomendasi dari Ketua Pengadilan Tinggi dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang. Meskipun demikian, lanjut Drs. H. Marsaid, M.A. kegiatan KKL tidak terhenti pada pengadilan di kota/kabupaten saja, karena akan berlanjut ke Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial, termasuk juga akan melakukan KKL di Peradi dan KAI yang menjadi wadah advokat di Indonesia.

“Tujuan kegiatan ini adalah mengintegrasikan teori-teori keilmuan yang didapat selama pelaksanaan kuliah di kampus dengan menimba pengalaman empiris dari praktisi hukum, sehingga diharapkan para peserta ini mendapat support dari praktisi hukum di tempat KKL dan juga diharapkan para peserta KKL dapat mengambil sebanyak-banyaknya ilmu selama proses KKL ini”, ujar Pak Wakil Dekan I. “Pak Ketua PA Sekayu, kami mohon jangan segan-segan untuk memanfaatkan para mahasiswa ini dan juga menegur mereka jika mereka melakukan hal yang tidak sesuai aturan”. tambah Drs. H. Marsaid, M.A.

 

KPA Sekayu menandatangani berkas serahterima peserta KKL

Setelah penandatanganan berkas serah terima peserta KKL, Ketua PA Sekayu menyampaikan pembinaannya, diawali dengan bercerita bahwa gedung PA Sekayu ini baru 2 tahun dibangun sesuai dengan prototipe Mahkamah Agung, karena dahulu penilaian kenaikan kelas PA Sekayu terkendala salah satunya karena gedung belum prototipe.

“Alhamdulillah, untuk saat ini setelah adanya gedung baru, PA Sekayu juga telah melaksanakan segala program prioritas Badilag, termasuk didalamnya pencanangan Zona Integritas, WBK dan WBBM, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), bahkan register perkara yang dulunya menghabiskan banyak tenaga karena harus ditulis manual di buku yang sangat besar, sekarang sudah terdigitalisasi dengan adanya aplikasi register elektronik (e-register), serta Program unggulan Mahkamah agung, yakni e-Court (sistem peradilan elektronik) di mana PA Sekayu adalah Pengadilan di wilayah pulau Sumatera yang paling banyak menerima dan memeriksa perkara menggunakan e-Court (lihat di: https://ecourt.mahkamahagung.go.id/mapecourt_agama). Selain itu pengembangan aplikasi-aplikasi pendukung juga dilaksanakan di PA Sekayu”, papar Ketua.

Mahasiswa bersama Dosen dan Panitia KKL UIN Raden Fatah Palembang berpose dengan Pimpinan dan Hakim PA Sekayu

 

Selanjutnya, Ketua PA menyampaikan bahwa ia bangga dan senang UIN mengirimkan peserta KKL di Pengadilan Agama, meskipun demikian Ketua PA menegaskan bahwa bentuk kerja sama ini adalah sharing dan berbagai pengetahuan. “Kami harapkan para peserta lebih aktif, silahkan tanyakan saja hal-hal yang ingin saudara ketahui”, imbuh Ketua. “Selanjutnya puncak dari kegiatan ini nanti adalah adik-adik semua yang akan memakai toga, yang memimpin dan menjalankan persidangan, yang menyusun berita acara sidang dan mengonsep putusannya”, demikian pungkas Ketua PA Sekayu.

Di akhir sambutannya, Ketua PA Sekayu secara resmi menerima para peserta KKL dari Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang.

(Humas PA Sekayu)