KY Usulkan Empat Calon Hakim Agung ke DPR

Hukum Nasional
Typography
KOMISIYUDISIAL.GO.ID - Ketua Komisi Yudisial (KY) Jaja ahmad Jayus menyerahkan empat nama calon hakim agung (CHA) 2018 kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo untuk mendapatkan persetujuan, Kamis (10/1) di Gedung Nusantara III, Jakarta.
"Dari kebutuhan Mahkamah Agung sebanyak 8 orang, KY baru memenuhi 4 orang, yaitu 2 orang untuk kamar perdata, 1 orang kamar agama, dan 1 orang untuk kamar TUN," jelas Jaja.
 
Penetapan kelulusan CHA 2018 ini dilakukan melalui rapat pleno KY, Selasa (8/1). Penentuan kelulusan dilakukan dengan cara memilih dari semua CHA yang sudah dinyatakan lulus tahap wawancara sesuai formasi lowongan jabatan, dan mempertimbangkan kelulusan akhir dengan mempertimbangkan semua hasil penilaian tahapan seleksi.
 
KY menetapkan empat CHA dianggap memenuhi syarat dan layak untuk dimintakan persetujuan kepada DPR, yaitu: Ridwan Mansyur dan Matheus Samiaji di kamar Perdata, Cholidul Azhar di kamar Agama, dan Sartono di kamar Tata Usaha Negara, khusus Pajak. 
 
"Saya harapkan DPR memberikan persetujuan terhadap empat nama tersebut. Selanjutnya, DPR melalui Komisi III melakukan fit and proper test," lanjut Jaja.
 
Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Komisi III DPR, Erma Suryani mengapresiasi kerja keras KY. Secara khusus, Erma juga menyampaikan pentingnya posisi hakim kamar pajak yang diusulkan KY. 
 
"Hakim pajak jarang dibicarakan, padahal urusan pajak sangat penting dalam menopang keuangan negara. Untuk itu hal ini akan menjadi catatan," ungkap Erma Suryani.
 
Seleksi CHA ini untuk mengisi 8 orang hakim agung dengan rincian: 1 orang untuk kamar Pidana, 1 orang untuk kamar Agama, 2 orang untuk kamar Militer, 3 orang untuk kamar Perdata, dan 1 orang untuk kamar Tata Usaha Negara khusus pajak. 
 
Sekadar informasi, hadir mendampingi Ketua KY adalah Wakil Ketua KY Maradaman Harahap, Anggota KY Aidul Fitriciada Azhari, Sukma Violetta, dan Joko Sasmito. (KY/Nabila/Festy)