Delegasi Asean Judges Training Progam (AJTP) Thailand Lakukan Kunjungan ke PA Yogyakarta

Badilag
Typography

YOGYAKARTA. BADILAG.MAHKAMAHAGUNG.GO.ID. Minggu ke dua bulan Maret, Pengadilan Agama Yogyakarta dikunjungi oleh rombongan ASEAN Judges Training Progam (AJTP) dari Thailand yang notabene sering disebut sebagai Negara gajah putih.

Pada kesempatan kali ini, AJTP datang dalam rangka study visit ke Peradilan-peradilan yang ada di Indonesia, dan Pengadilan Agama Yogyakarta menjadi salah satu tujuan kunjungan, selain Pengadilan Negeri Denpasar. Secara langsung kunjungan ini dipimpin oleh Vice President of The Narcotics Division of The Court of Appeal, yaitu Mr.Voravun Dvadasin.

ASEAN Judges Training Progam (AJTP) adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan guna memberikan pelatihan kepada Hakim-hakim di wilayah Negara Asean. Selain itu, progam tersebut diharapkan dapatmemperluas pengetahuan para hakim di Negara ASEAN, yang pada realitasnya memiliki perkara lintas batas, seperti human trafficKing, transactional crime, narkotika, masalah lingkungan dan perkara-perkara lintas batas lainnya.

baca juga: Sampaikan Pesan Emir Kuwait, Duta Besar Kuwait Untuk Indonesia Kunjungi Mahkamah Agung RI

Selain memahami tentang aturan perundang-undangan, termasuk Hukum Acara yang diterapkan di Indonesia, dalam hal ini adalah Hukum Acara Peradilan Agama tentunya. Kedatangan rombongan AJTP juga bertujuan untuk memahami bagaimana Pengadilan Agama Yogyakarta memberikan pelayanan bagi para pencari keadilan.

Menanggapi niatan tersebut, Pengadilan Agama Yogyakarta diwakili oleh Drs. H.M. Hasany Nasir, SH.MH., memperkenalkan profil Pengadilan Agama Yogyakarta, mulai dari sejarahnya sampai dengan aturan-aturan terkait Peradilan Agama, termasuk sistem pelayanan PTSP,E-court dan SIPP.Setelah bertukar Informasi secara seremonial, selanjutnya Ketua Pengadilan Agama Yogyakarta DR. H. Bambang Supriastoto,SH.,MH mengajak para tamu berkeliling sembari memberikan pengalaman kepada rombongan AJTP utuk secara langsung, merasakan bagaimana rasanya duduk di belakang meja Hakim.

Cukup berkeliling di dalam kantor Pengadilan Agama Yogyakarta, selanjutnya Mr.Voravun Dvadasin beserta rombongan bergeser keluar gedung untuk menengok lingkungan Pengadilan, yang pada akhirnya tur singkat tersebut bermuara di Mushola Al-Mahkamah milik Pengadilan Agama Yogyakarta.

Agenda saling bertukar Informasi diharapkan mampu menambah pengetahuan dan kapabilitas Hakim-hakim di ASEAN sekaligus mengenal sistem peradilan diluar wilayah yurisdiksi nya masing-msing. Berkoordinasi dalam memecahkan persoalan bersama, saling bahu-membahu mengembangkan Sistem Peradilan yang lebih efektif sehingga mampu melindungi hak dan kebebasan masyarakat di Negara ASEAN .(AHB)