Penelitian Tentang Pelaksanaan Akreditasi Dalam Kaitannya Dengan Kepuasan Masyarakat Pengguna Layanan Pengadilan Negeri

Balitbang
Typography

BLDK.MAHKAMAHAGUNG.GO.ID - Program Akreditasi Penjamin Mutu yang telah digagas oleh Badan Peradilan Umum sejak tahun 2015 telah membawa banyak perubahan dalam hal sistem manajemen mutu layanan pengadilan. Perbaikan layanan pengadilan tersebut dirumuskan dalam tujuh kriteria penilaian Akreditasi Penjamin Mutu yang ditetapkan oleh Badilum. Tujuh kriteria tersebut meliputi: kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus pelanggan, manajemen proses, sistem dokumentasi, manajemen sumber daya dan hasil kinerja. Penjelasan rinci mengenai apa saja yang perlu dilakukan oleh setiap stakeholder pengadilan negeri untuk melaksanakan akreditasi telah termuat dalam “Buku Pedoman Praktis Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Umum”dan telah dibentuk tim khusus untuk menilai akreditasi pengadilan yang ditetapkan dengan Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor: 1385a/DJU/SK/OT.01.3/09/2016.

Selama kurun waktu sejak dimulainya program akreditasi penjamin mutu oleh Badan Peradilan Umum hingga saat ini, perlu dilakukan suatu review terkait program tersebut. Review ini dilakukan melalui penelitian untuk melihat proses nyata yang dilakukan oleh stakeholder pengadilan dan respon masyarakat pencari keadilan yang menggunakan layanan pengadilan. Dari hasil penelitian, akan dapat terlihat hal apa saja yang menjadi keunggulan maupun kekurangan dalam pelaksanaan program akreditasi tersebut. Serta, respon masyarakat terhadap perubahan manajemen mutu layanan pengadilan dapat dilihat melalui survei kepuasan masyarakat yang dikembangkan oleh tim penelitian. 

Baca Juga : Penelitian Tentang Implementasi Small Claim Court Dalam Penyelesaian Perkara Ekonomi Syariah di Pengadilan Agama

Tim penelitian dari Puslitbang sendiri dikoordinatori oleh Ibu Zulfia Hanum Alfi Syahr, S.Pd., M.M., dengan didukung oleh peneliti Bapak Tumbur Palti D. Hutapea, S.H., M.H. dan Bapak Muhamad Zaky Albana, S.Sos. Selain itu juga dibantu oleh tim sekretariat penelitian, Bapak Johanes, S.S., Ibu Bintang Alvita W., S.S., dan Ibu Susilawati Murbarani, S.H. Serta tim pengolah data, Ibu Mariyam Sugiarti, S.Sos. dan Bapak Bismo Anggoro. Penelitian topik ini dilakukan di 3 daerah atas dasar Surat Tugas dari Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, S.H., M.S. Dengan nomor ST: 171/Bld.2/Lit/ST/3/2018 untuk Provinsi Jawa Tengah (2-6 April 2018), ST Nomor: 178/Bld.2/Lit/ST/3/2018 untuk Provinsi Jawa Timur (9-13 April 2018) dan ST Nomor: 205/Bld.2/Lit/ST/3/2018 untuk Provinsi Sulawesi Selatan (16-20 April 2018).