logo pa

Selamat Datang di Pengadilan Agama Sekayu

Selamat Datang di Pengadilan Agama Sekayu

8 NILAI UTAMA MAHKAMAH AGUNG

1.KEMANDIRIAN 2.INTEGRITAS 3.KEJUJURAN 4.AKUNTABILITAS 5.RESPONSIBLITAS 6.KETERBUKAAN 7.KETIDAKBERPIHAKAN 8.PERLAKUAN YANG SAMA DI HADAPAN HUKUM
8 NILAI UTAMA MAHKAMAH AGUNG

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

PROSEDUR BERPERKARA DI PENGADILAN AGAMA SEKAYU

PROSEDUR BERPERKARA DI PENGADILAN AGAMA SEKAYU

on . Hits: 113

PA SEKAYU DIGUGAT

 

Pengadilan Agama Sekayu beberapa waktu lalu sempat menjadi sorotan media dan masyarakat karena digugat oleh Asosiasi Advokat Muba sebagaimana perkara Nomor 10/Pdt.G/2021/PN.Sky. Gugatan tersebut merupakan reaksi atas terbitnya Surat Edaran Pengadilan Agama Sekayu berkaitan dengan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani).

Aman Mukti, S.H., dan Husni Taufik, S.H., yang memberikan kuasa kepada Indafikri, S.H., dkk Advokat/ Pengacara dari Asosiasi Advokat Muba menggugat Ketua Pengadilan Agama Sekayu sebagai Tergugat, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang sebagai Turut Tergugat I, dan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia sebagai Turut Tergugat II dalam gugatan perbuatan melawan hukum di PN Sekayu.

Pada tanggal 21 September 2021 sidang pertama digelar. Majelis Hakim berupaya mendamaikan para pihak, namun belum berhasil. Kemudian Majelis Hakim menunda persidangan untuk memberikan kesempatan kepada para pihak menempuh upaya mediasi sebagaimana Perma No 1 Tahun 2016.

Dalam proses mediasi, Penggugat didampingi oleh kuasa hukumnya, Tergugat diwakili oleh Ade Sofyan, S.Sy., yang merupakan Humas Pengadilan Agama Sekayu, Turut Tergugat I diwakili oleh Maskur Kaswi, S.H., dan Turut Tergugat II diwakili oleh H. Fikri Habibi, S.H., M.H., dkk.
Proses mediasi difasilitasi oleh mediator PN. Sekayu yakni Rizkiansyah, S.H. Selama proses mediasi masing-masing pihak menyampaikan maksud dan tujuannya.

Selanjutnya para pihak sepakat untuk mengakhiri sengketanya dengan jalan damai dan Para Penggugat mencabut gugatannya, selain itu Para Penggugat mendukung pembangunan Zona Integritas yang dilakukan Pengadilan Agama Sekayu untuk meraih predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) sebagaimana Permenpan RB tentang ZI, WBK dan WBBM. Para Penggugat juga akan ikut serta bersama Tergugat, dan Para Turut Tergugat dalam mewujudkan peradilan yang bersih dan berwibawa, meningkatkan komunikasi demi terselenggaranya peradilan sederhana, cepat, dan biaya ringan serta terciptanya pelayanan hukum yang berkeadilan bagi masyarakat sesuai dengan ketentuan perturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam Kesepakatan Mediasi tersebut Pengadilan Agama Sekayu beserta para Turut Tergugat mendukung peran dan fungsi Para Penggugat sebagai Advokat yang merupakan profesi terhormat (officium nobile), dalam memberikan Jasa Hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 18 tahun 2003 tentang Advokat.

Para pihak menandatangani Kesepakatan Perdamaian tersebut pada hari Selasa tanggal 05 Oktober 2021 di hadapan Mediator, yang dilanjutkan dengan pencabutan gugatan perkara Nomor 10/Pdt.G/2021/PN.Sky oleh Para Penggugat di hadapan Majelis Hakim. (Humas)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Sekayu

Jl. Merdeka Lingkar I No. 497

Telp: 0714 - 321170
Fax: 0714 - 331062

divi discount
map embed iframe
Pengadilan Agama Sekayu@2021