logo pa

Selamat Datang di Pengadilan Agama Sekayu

Selamat Datang di Pengadilan Agama Sekayu

8 NILAI UTAMA MAHKAMAH AGUNG

1.KEMANDIRIAN 2.INTEGRITAS 3.KEJUJURAN 4.AKUNTABILITAS 5.RESPONSIBLITAS 6.KETERBUKAAN 7.KETIDAKBERPIHAKAN 8.PERLAKUAN YANG SAMA DI HADAPAN HUKUM
8 NILAI UTAMA MAHKAMAH AGUNG

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

PROSEDUR BERPERKARA DI PENGADILAN AGAMA SEKAYU

PROSEDUR BERPERKARA DI PENGADILAN AGAMA SEKAYU

Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

on . Hits: 177

JARAK TIDAK MENGHALANGI PARA PIHAK UNTUK HADIR, SIDANG ONLINE PA. SEKAYU

WhatsApp Image 2021 10 18 at 4.38.09 PM

 

Sekayu, Mahkamah Agung sudah mempunyai terobosan sejak dua tahun lalu untuk perkara perdata, perdata agama, tata usaha militer dan tata usaha negara yang memanfaatkan teknologi untuk persidangan. Untuk pencari keadilan dengan perkara jenis itu, gedung pengadilan bukan satu-satunya yang harus dituju, melainkan dapat juga mengakses aplikasi peradilan elektronik atau e-Court.  Mengikuti terobosan untuk bidang administratif itu, Mahkamah Agung setahun kemudian meluncurkan e-Litigasi yang pertama diberlakukan untuk lingkungan peradilan umum, agama dan tata usaha negara.

Inovasi tersebut selanjutnya ditetapkan dan diresmikan dengan berlakunya PERMA (Peraturan Mahkamah Agung) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan secara elektronik. Dikeluarkannya Perma No. 1 Tahun 2019 dapat dilihat dalam Pasal 2 PERMA No. 1 Tahun 2019, yaitu sebagai landasan hukum penyelenggaraan administrasi perkara dan persidangan secara elektronik di pengadilan untuk mendukung terwujudnya tertib penanganan perkara yang profesional, transparan, akuntabel, efektif, efisien, dan modern. Maksud tersebut sejalan dengan Pasal 2 ayat (4) UU No. 48 Tahun 2009 Tentang Kekuasaan Kehakiman (UU Kekuasaan Kehakiman), yaitu terselenggaranya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan. Dari ketentuan tersebut, persidangan secara elektronik diharapkan memberikan manfaat bagi para pihak yang berperkara karena persidangan dapat dilakukan secara cepat dan tidak birokratis, sederhana, dan berbiaya ringan. maka hal ini merupakan sebuah inovasi bagi pengadilan dalam menyelesaikan perkara secara elektronik.

WhatsApp Image 2021 10 18 at 4.38.10 PM

Merujuk pada ketentuan tersebut, pada hari Senin tanggal 18 Oktober 2021 Pengadilan Agama Sekayu melakukan persidangan secara daring. Persidangan secara daring ini dilaksanakan dalam perkara gugatan cerai dengan Majelis Hakim Tony Abdul Syukur, SHI sebahai Ketua Majelis dan Siti Sofiyah, SHI serta M. Hira Hidayat, S.Sy masing-masing sebagai Hakim Anggota. 

Persidangan tersebut dilakukan secara daring dikarenakan adanya hambatan jarak, waktu dan kondisi. Pihak Tergugat saat ini berstatus sebagai tahanan Polda Bandar Lampung yang sedang dalam proses pemeriksaan di Polres Kalianda, Tergugat bersikeras ingin menghadiri persidangan sehingga Tergugat meminta agar bisa dilaksanakan persidangan secara online/ daring. Atas permintaan tersebut Pengadilan Agama Sekayu menyambut niat Tergugat untuk hadir dengan permohonan bantuan pelaksaan persidangan secara online melalui Pengadilan Agama Kalianda. Dalam pelaksanaannya, secara teknis Tergugat tetap berada di Polres Kalianda dengan di fasilitasi dan didampingi oleh petugas dari Pengadilan Agama Kalianda.

WhatsApp Image 2021 10 18 at 4.38.11 PM

Persidangan secara online dilaksanakan dengan memedomani PERMA tersebut, meskipun dalam aturan tersebut tidak menyebutkan secara khusus pengaturan persidangan dalam perkara perceraian di Peradilan Agama. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan asas cepat, sederhana, dan biaya ringan serta efektif, efisien, dan modern. Dengan adanya persidangan online tersebut, para pihak bisa menghadiri dan bertatap muka secara langsung dan lebih menghemat waktu serta biaya.

Persidangan digelar untuk pertamakalinya dalam perkara tersebut, sehingga sesuai dengan PERMA Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan, maka selanjutnya para pihak menjalani proses Mediasi yang dilakukan secara daring/ online juga. Hal ini sebagaimana sesuai dengan ketentuan dalam pasal 5 ayat 3 Perma Nomor 1 Tahun 2016, maka mediasi bisa dilaksanakan secara komunikasi audio visual jarak jauh. Meskipun dalam peraturan disebutkan bahwa mediasi dilaksanakan dalam batas waktu maksimal 30 hari, dengan kondisi daring/online yang dimungkinkan ada kendala teknis jaringan, maka diputuskan bahwa pada hari itu juga para pihak menjalani proses mediasi yang bertempat di ruang mediasi Pengadilan Agama Sekayu dengan hakim Mediator Fidya Rahma Insani, S.Sy.

WhatsApp Image 2021 10 18 at 4.38.09 PM 1

Kerjasama yang baik antara Pengadilan Agama Sekayu, Pengadilan Agama Kalianda dan Polres Kalianda akhirnya bisa mewujudkan jalannya persidangan secara daring dengan lancar dan tanpa ada kendala atau hambatan yang siginifikan.

By. Shoja

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Sekayu

Jl. Merdeka Lingkar I No. 497

Telp: 0714 - 321170
Fax: 0714 - 331062

divi discount
map embed iframe
Pengadilan Agama Sekayu@2021