logo pa

Selamat Datang di Pengadilan Agama Sekayu

Selamat Datang di Pengadilan Agama Sekayu

8 NILAI UTAMA MAHKAMAH AGUNG

1.KEMANDIRIAN 2.INTEGRITAS 3.KEJUJURAN 4.AKUNTABILITAS 5.RESPONSIBLITAS 6.KETERBUKAAN 7.KETIDAKBERPIHAKAN 8.PERLAKUAN YANG SAMA DI HADAPAN HUKUM
8 NILAI UTAMA MAHKAMAH AGUNG

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

PROSEDUR BERPERKARA DI PENGADILAN AGAMA SEKAYU

PROSEDUR BERPERKARA DI PENGADILAN AGAMA SEKAYU

SELEKSI CALON LEMBAGA PEMBERI LAYANAN POS BANTUAN HUKUM (POSBAKUM)

SELEKSI CALON LEMBAGA PEMBERI LAYANAN POS BANTUAN HUKUM (POSBAKUM)

on . Hits: 30

PERTAMA KALI, SELEKSI PPNPN BERBASIS CAT

Sekayu – Kamis (13 Januari 2022) Setelah dipublikasinya Pengumuman Penerimaan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) atau tenaga kontrak pada Pengadilan Agama Sekayu melalui website Pengadilan Agama Sekayu maupun media sosial resmi milik PA Sekayu.

1

Adapun peserta yang dinyatakan lulus seleksi adminstrasi berjumlah 15 (lima belas) orang pelamar dari banyaknya 42 (empat puluh dua) surat lamaran yang diterima oleh Panitia Penerimaan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) PA Sekayu Tahun Anggaran 2022.

Selanjutnya, peserta yang dinyatakan lulus administrasi akan menjalani proses seleksi tahap pertama. Proses seleksi tahap pertama ini berupa test tulis berbasis sistem CAT (Computer Assested Test) kepada para peserta yang dinyatakan lulus seleksi adminstrasi. Sistem CAT ini terdiri dari 100 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 90 menit oleh peserta. Setelah peserta selesai mengerjakan soal tersebut, peserta langsung bisa mengetahui skor/nilai tersebut begitu mengklik selesai.

Panitia telah menyediakan lebih dari 600 soal yang akan teracak secara otomatis oleh sistem. Sehingga masing-masing peserta belum tentu akan menemukan soal yang sama. Dan masing-masing dari peserta tidak mengetahui soal apa yang akan didapatnya. Soal tersebut tidak bersifat terbuka dan telah dikunci, bahkan panitia pun tidak mengetahui bentuk soal tersebut kecuali tim perumus materi soal.

Adapun materi soal yang digunakan dalam test kompetensi dasar berbasis CAT ini adalah TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum) dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Sistem CAT ini tidak menerapkan nilai berdasarkan passing grade, akan tetapi test kompetensi dasar menggunakan sistem gugur, dan hanya diambil 5 orang dengan skor tertinggi yang akan mengikuti tahap selanjutnya.

2

Test kompetensi dasar bagi peserta yang lulus administrasi, yakni peserta berjumlah 15 (lima belas) orang tersebut, dilakukan secara bergelombang yakni sesi pertama dan sesi kedua berdasarkan urutan nomor sesuai tanggal masuk pendaftaran lamaran. Demi menjaga kelancaran CAT ini, PA Sekayu menggunakan daya listrik dari sumber genset untuk menghindari terjadinya gangguan yang tidak diinginkan akibat padamnya listrik (risk management).

Sistem ini mengadopsi dari sistem seleksi CPNS yang digunakan dalam skala nasional. Ini pertamakalinya di Pengadilan Agama Sekayu menerapkan sistem tersebut dalam menjaring pegawai PPNPN. Sejauh ini system ini belum diterapkan oleh Pengadilan Agama lain di seluruh Indonesia khususnya di wilayah Sumatera Selatan. Sehingga hal ini menjadikan PA Sekayu merupakan satu-satunya Pengadilan Agama yang telah menerapkan system ini dan merupakan terobosan (inovasi) dengan tujuan agar penerimaan PPNPN ini dilakukan dengan cara transparansi, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan, serta jauh dari bentuk Nepostisme.

3

Disamping dilaksanakan menggunakan system CAT, demi menjaga kejujuran dan integritas peserta, ujian tersebut juga bisa dipantau oleh siapapun melalui zoom meeting yang terbuka bagi aparatur Pengadilan Agama Sekayu, keluarga ataupun masyarakat yang ingin ikut serta memantau ujian tulis tersebut.

Diharapkan dengan adanya seleksi terbuka berbasis CAT ini untuk tenaga kontrak/PPNPN, PA Sekayu akan memiliki tenaga kontrak (PPNPN) yang berkompeten, sehingga dapat meningkatkan pelayanan prima PA Sekayu kepada masyarakat pencari keadilan, serta mendukung peningkatan nilai akreditasi pelayanan mutu PA Sekayu. (shoja)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Sekayu

Jl. Merdeka Lingkar I No. 497

Telp: 0714 - 321170
Fax: 0714 - 331062

divi discount
map embed iframe
Pengadilan Agama Sekayu@2021