Selamat Datang di Pengadilan Agama Sekayu APLIKASI SERASAN SEKATE Zona Integritas Pengadilan Agama Sekayu Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah Aplikasi SIPP SIWAS SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA RAMADHAN

Selamat Datang di Pengadilan Agama Sekayu

APLIKASI SERASAN SEKATE

Aplikasi Serasan Sekate " Sistem Integrasi Data Kepndudukan Setelah Keluarnya Akta Cerai " Merupakan Terobosan Terbaru Pengadilan Agama Sekayu Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat Kab. Musi Banyuasin. Produk Pelayanan : - Akta Cerai - KTP - KK - KIA
Kunjungi

Zona Integritas Pengadilan Agama Sekayu

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Lihat Video

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Selanjutnya

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Selanjutnya

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA RAMADHAN

Segenap Keluarga Besar Pengadilan Agama Sekayu mengucapkan : Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1442 H/2021 M. "Bersihkan Diri Dengan Ibadah, Jauhkan Diri Dari Korupsi dan Gratifikasi"
Lihat Gambar

Written by Super User on . Hits: 77

KEBERHASILAN PELAKSANAAN EKSEKUSI DAMAI OLEH KERJASAMA TIM PENGADILAN AGAMA SEKAYU

WhatsApp Image 2021 03 20 at 12.26.48 PM

Keberhasilan eksekusi damai dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Sekayu terhadap perkara Harta Bersama. Eksekusi dilaksanakan berdasarkan Putusan PTA Palembang yang menguatkan putusan Pengadilan Agama Sekayu, selanjutnya Ketua Pengadilan Agama Sekayu Korik Agustian., S.Ag., M.H menetapkan Perkara eksekusi Nomor 1/Pdt.Eks/ 2020/PA. Sky untuk dilaksanakan eksekusi.

WhatsApp Image 2021 03 20 at 12.24.46 PM

Adapun tim eksekutor yaitu Ahmad Fikri., S.H.I., M.H.I selaku Panitera Pengadilan agama sekayu sebagai ketua eksekutor, Kgs M. Dedi S.H selaku Jurusita Pengganti dibantu oleh andri wariki dan didampingi 2 orang saksi dari Pengadilan Agama sekayu yaitu Nazarudin SH, dan Herdi Saputra S.H, serta Kepala Desa Beruga, Kepala Desa Sugiraya, Kepala Desa Sereka dan Kepala Kepolisian Sektor Babat Toman Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Musi Banyuasin. Eksekusi tersebut dimulai pada pukul 10.00 Wib yang terdiri dari 7 objek yaitu 1 unit rumah dan 6 tanah/kebun. Lokasi eksekusi terbagi di 3 tempat yaitu di Desa Beruga, Desa Sugiraya dan Desa Sereka Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Musi Banyuasin.

WhatsApp Image 2021 03 20 at 12.26.17 PM

WhatsApp Image 2021 03 20 at 12.38.03 PM

Berbicara mengenai ekesekusi tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu defenisi dari eksekusi,istilah yang dipergunakan oleh Prof. Subketi., mengartikan eksekusi dengan “pelaksanaan” putusan, begitu pula Nyonya Retno Wulan Sutantio, SH, juga mengartikan dengan istilah yang sama yaitu “pelaksanaan” putusan. Maka dapat kita pahami bahwa eksekusi tidak bisa lepas dari proses hukum acara perdata, karena memang pada dasarnya eksekusi merupakan kelanjutan dan klimaks dari suatu proses peradilan. Dari pelaksanan eksekusi dapat dilihat ketegasan dan kekuatan sebuah putusan dalam rangka memberikan kepastian hukum serta rasa keadilan bagi para pihak pencari keadilan. Tentu sangat ironi jika pihak pencari keadilan yang telah menghabiskan uang, tenaga serta energi dalam berperkara di Pengadilan namun pada akhirnya putusannya tidak dapat dilaksanakan karena lemahnya negara dalam melaksanakan perintah dari Pengadilan.
Pada dasarnya eksekusi merupakan upaya paksa yang dilakukan oleh Pengadilan terhadap pihak yang kalah dalam persidangan agar melaksanakan putusan. Karena pihak yang kalah tidak mau melaksanakan putusan secara sukarela maka eksekusi dilakukan secara paksa. Namun dalam pelaksanaannya setiap perkara yang akan di eksekusi tentu para pihak berperkara di panggil terlebih dahulu untuk melaksanakan Anmaning, dengan harapan pada proses Anmaning ini para pihak yang kalah bersedia melaksanakan putusan secara sukarela. Tentunya Anmaning ini dapat menjadi celah hukum oleh pengadilan dalam mencari jalan terjadinya ishlah sehingga pelaksanaan putusan secara paksa tidak terlaksana.

WhatsApp Image 2021 03 20 at 12.37.10 PM

WhatsApp Image 2021 03 20 at 12.40.44 PM

Pelaksanaan putusan secara damai ini tentu menjadi bagian penting dari perjalanan proses peradilan di Pengadilan Agama Sekayu karena para pihak pencari keadilan ada yang sampai pada proses upaya hukum banding bahkan kasasi. Ini tentu perkara yang mempunyai tensi tinggi dalam permasalahannya yang tidak bisa dimediasi pada tingkat pertama sampai upaya hukum terakhir ternyata pada klimaksnya sejak dalam proses Anmaning sampai tahap eksekusi dapat diselesaikan secara damai. Ini menjadi catatan penting bagi Ketua Pengadilan Agama Sekayu bahwa sebenarnya pada tahap awal persidangan hendaknya proses perdamaian dan mediasi oleh Hakim Mediator harus dilaksanakan secara maksimal dan sungguh-sungguh. Karena perkara yang terjadi perdamaian pada proses Anmaning maka indikasinya juga berpotensi dapat di damaikan pada tahap awal persidangan agar para pihak dapat menyelesaikan perkara dengan waktu yang tidak terlalu lama maka jalan memaksimalkan mediasi dan perdamaian merupakan salah satu jalan keluarnya.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Sekayu

Jl. Merdeka Lingkar I No. 497

Telp: 0714 - 321170
Fax: 0714 - 331062

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan Agama Sekayu@2021